Khutbah Ramadhan Nabi Muhammad Saw.

Pada bulan Ramadhan umat Islam diwajibkan untuk Puasa, tentunya kita ingin mengetahui Khutbah Nabi Muhammad Saw dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan. Dikisahkan (Syaikh ‘Abbas al-Qummi, Mafatih al-Jinan, hlm. 172-174.) ketika hendak memasuki bulan Ramadhan di Madinah Beliau menyampaikan Khutbah Menyambut Bulan Ramadhan, sebagian dari khutbahnya:

Wahai manusia! Sungguh telah datang kepada kalian bulan Allah dengan membawa berkah, rahmat, dan maghfirah. Inilah bulan yang paling mulia di sisi Allah. Hari-harinya adalah hari-hari yang paling utama. Malam-malamnya adalah malam-malam yang paling utama. Dan jam-jamnya adalah jam-jam yang paling utama. Inilah bulan ketika kamu diundang menjadi tamu-tamu Allah dan dimuliakan-Nya.

Di bulan ini nafas-nafasmu menjadi tasbih, dan tidurmu dihitung ibadah. Amal-amalmu diterima dan doa-doamu diijabah. Maka, bermohonlah kepada Allah dengan niat yang tulus dan hati yang suci agar Allah membimbingmu untuk melakukan puasa dan membaca kitab-Nya. Celakalah orang yang tidak mendapatkan ampunan Allah di bulan agung ini. Kenanglah dengan rasa lapar dan hausmu kelaparan dan kehausan di Hari Kiamat.

Bersedekahlah kepada kaum fakir dan miskin. Muliakanlah orang-orang tuamu. Sayangilah yang muda. Sambungkan tali persaudaraanmu. Jagalah lidahmu. Tahanlah pandanganmu dari apa yang tidak halal kamu memandangnya dan pendengaranmu dari apa yang tidak halal kamu mendengarkannya. Kasihilah anak-anak yatim. Bertobatlah kepada Allah dari dosa-dosamu. Angkatlah tangan-tanganmu untuk berdoa pada waktu-waktu shalatmu, karena itulah saat-saat yang paling utama ketika Allah memandang hamba-hamba-Nya dengan penuh kasih. Dia akan menjawab mereka ketika mereka menyeru-Nya, menyambut mereka ketika mereka memanggil-Nya, dan mengabulkan mereka ketika mereka berdoa kepada-Nya.

Wahai manusia! Sesungguhnya diri-dirimu tergadai karena amal-amalmu. Maka bebaskanlah dengan istighfar. Punggung-punggungmu berat karena beban (dosa)-mu. Maka ringankanlah dengan memperpanjang sujudmu. Ketahuilah! Allah bersumpah dengan segala kebesaran-Nya bahwa Dia tidak akan mengazab orang-orang yang shalat dan sujud dan tidak akan mengancam mereka dengan neraka pada hari manusia berdiri dihadapan Tuhan semesta alam.

Wahai manusia! Barangsiapa di antaramu memberi buka kepada orang-orang Mukmin yang berpuasa di bulan ini, maka di sisi Allah nilainya sama dengan membebaskan seorang budak dan ia diberi ampunan atas dosa-dosanya yang lalu. Sahabat-sahabat bertanya, “Ya Rasulullah! Tidakkah kami semua mampu berbuat demikian,” Rasulullah meneruskan, “Jagalah dirimu dari api neraka, sekalipun hanya dengan sebiji kurma. Jagalah dirimu dari api neraka, sekalipun hanya dengan seteguk air.”

Wahai manusia! Barangsiapa membaguskan akhlaknya di bulan ini, maka ia akan berhasil melewati titian (shirath) pada hari ketika kaki-kaki tergelincir. Barangsiapa meringankan pekerjaan orang-orang yang dimiliki tangan kanannya (yakni, pegawai atau pembantu) di bulan ini, maka Allah akan meringankan pemeriksaannya pada Hari Kiamat. Barang siapa menahan kejelekannya di bulan ini, maka Allah akan menahan murka-Nya pada hari berjumpa dengan-Nya. Barangsiapa menyambung tali persaudaraan di bulan ini, maka Allah akan menghubungkan dirinya dengan rahmat-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barang siapa memutuskan kekeluargaan di bulan ini, maka Allah akan memutuskan rahmat-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barang siapa melakukan shalat sunnat di bulan ini, maka Allah akan menuliskan baginya kebebasan dari api neraka. Barang siapa melakukan shalat fardhu di bulan ini, maka Allah akan memberatkan timbangannya pada hari ketika timbangan meringan. Barang siapa di bulan ini membaca satu ayat Al-Quran, maka ganjarannya sama seperti mengkhatamkan Al-Qur’an pada bulan-bulan lain.

Wahai manusia! Sesungguhnya pintu-pintu surga dibukakan untukmu. Maka bermohonlah kepada Tuhanmu agar tidak pernah menutupkannya bagimu. Dan pintu-pintu neraka ditutup. Maka bermohonlah kepada Tuhanmu agar tidak pernah dibukakan bagimu. Setan-setan terbelenggu. Maka bermohonlah agar mereka tidak pernah mengasaimu.

Amirul Mukminin, “Ali bin Abi Thalib, berkata, “Aku berdiri dan bertanya, “Ya Rasulullah! Amal apa yang paling utama di bulan ini?” Nabi menjawab, “Ya, Abal Hasan! Amal yang paling utama di bulan ini adalah memelihara diri dari apa yang diharamkan Allah.”

Demikianlah sebagian dari Khutbah Nabi Muhammad Saw dalam menyambut datangnya Bulan Ramadhan! Semoga kita semua dapat memanfaatkan dan mengamalkannya sebesar-besarnya dari isi khutbah yang di sampaikan Nabi Muhammad Saw., Jangan lewatkan kesempatan ini, Amin!?

Iklan

65 responses to this post.

  1. menakjubkan…
    perdana saya di blog ini…

    kalau berkenan,,kunjungi juga blog saya ya…
    salam:

    Batch File Programming | Keajaiban Om Google | Dunia Tips dan Trick | Free Software

    Balas

  2. menyimak mas aura ^_^, berkunjung dan ingin kenal…

    Balas

  3. Memang begitu besar berkah yang didapat pada bulan suci ini…. Mari kita songsong dengan segala kegembiraan dan keikhlasan dalam beribadah..
    Makasih shob …

    Balas

  4. mari kita sonsong ramadhan dengan niat yang suci

    Balas

  5. ada ulama yang bilang kalau tidur di sini bermakna tidur untuk menjauhkan diri dari perbuatan maksiat
    kalau tidur biasa sih ya dihitung mubah

    Balas

  6. Senangnya bisa berkunjung ke blog Aura Pelupa. Semoga sehat dan oke selalu. Wah, menyambut ramadhan ini aku belum ada persiapan. Berarti aku harus segera mempersiapkan diri. Paling tidak memperbanyak amal ibadah yang selama ini mungkin sangat kurang dilakukan di bulan2 lainnya. Dan tentu saja, khutbah Nabi Muhammad SAW pada tulisan diatas menjadi hal yang harus kupedomani. Amin

    Balas

  7. waaah….membuat semangat ni..marhaban ya ramadhan

    Balas

  8. kunjungan perdana nih mas salam kenal

    Balas

  9. terima kasih atas sharenya, bermanfaat bagi kita semua agar bisa mencermati makna yang terkandung di daLamnya.

    Balas

  10. Serasa mengahadiri Khutbah beliau secara langsung nih

    Balas

  11. Mencerahkan!
    Semoga puasa tahun ini lebih berkualitas.

    Balas

  12. terimakasii atas siraman rohaninya pa..
    sekaligus bileng, kunjungan perdana saiia di sini πŸ™‚

    Balas

  13. Posted by saenaknya on 5 Agustus 2010 at 07:11

    tulisan yang bermanfaat, untuk persiapan menyambut ramadhan πŸ™‚

    Balas

  14. waw.. agung sekali. realistis. inilah agama yang keyakinannya sangat berguna dan memperhatikan kehidupan sosial masyarakat. ada banyak pertolongan buat kita.

    Balas

  15. terima kasih
    tulisannya sangat mengcerahkan

    Balas

  16. ya marilah kita menjalani bulan ramadhan dengan sebaik-baiknya

    Balas

  17. marilah kita mengsucikan diri di bulan ramadhan dan mengoptimisasikannya dengan ibadah

    Balas

  18. saya siap berpuasa bulan ramdhan ini bang…

    Balas

  19. akan selalu saya ingat khutbah Rasulullah diatas gan πŸ˜€

    Balas

  20. Bismillah menjadi lebih baik setelah membaca artikel sahabat

    Balas

  21. Posted by Darahbiroe on 6 Agustus 2010 at 14:19

    wahhh
    ramadhan sudah didepan mata
    smoga aku bisa mendownload pahala sebanyak2 nya di bulan suci ini
    amien
    πŸ˜€

    Balas

  22. marhaban ya ramadhan

    Balas

  23. Alhamdulillah…, Ramadhan kian dekat. Semoga amal ibadah kita di Bulan Ramadhan mendapat ridho dariNYA. Amin…

    Maafkan segala salahku selama ini ya pak… πŸ™‚

    Balas

  24. Posted by sangpenjelajahmalam on 7 Agustus 2010 at 10:56

    memang kita selalu lupa dengan semua nikmat yang diberikan Alloh SWT pada kita

    Balas

  25. Ikut menyimak…

    Balas

  26. Nderek absen…

    Balas

  27. tiada debu tanpa angin
    mohon maaf lahir dan batin

    marhaban ya ramadhan πŸ™‚

    Balas

  28. Marhaban ya Ramadhan bulan yang penuh barokah, semoga kita bisa menjalani semua ajaran nabi Muhamad SAW dengan baik dan medapat hikmah dikesudahannya. Amien..

    Balas

  29. Selamat malam pak… mampir lagi.. πŸ™‚

    Balas

  30. nabi muhammad po iso bahasa indonesia?

    Balas

  31. jadi merinding membacanya….
    saya belum sepenuhnya menjalankan nasihat beliau ….
    postingan yang mencerahkan .

    Balas

  32. selamat menunggu kedatangan bulan suci ramadhan tahun ini, ramadhan sudah didepan mata, maafkan lahir dan batin πŸ™‚

    Balas

  33. Mudah2an khutbah Nabi tsb menjadikan kita semakin giat utk meningkatkan amal ibadah di bulan puasa. Amin

    Balas

  34. Terimakasih banyak utk sharenya .
    semoga kita semua bisa dan mampu mempersiapkan diri lebih baik lagi dlm menyambut dan menjalankan ibadah puasa di tahun ini,amin.
    salam

    Balas

  35. Selamat siang… πŸ™‚

    Balas

  36. Sungguh luar biasa kita bertemu dengan ramadhan kembali. Selamat berpuasa.

    Balas

  37. perenungannya sangat menyentuh, untuk diaplikasikan dalam menyambut Ramadhan.
    Marhaban ya Ramadhan Mubarok. Maaf lahir bathin πŸ™‚

    Balas

  38. Khutbah ini laksana berlian yang mahal harganya, karena itu berbahagialah orang yang memilikinya. Semoga kita mendapatkan rahmat, barokah dan ampunanNya, amin. Selamat menunaikan ibadah puasa bulan Ramadhan 1431 H.

    Balas

  39. Selamat Malam … Selamat Menunaikan Ibadah Puasa …
    Sukses selalu bersama keluarga tercinta …

    Salam Persahabatan Blog dari Kalimantan Tengah.

    Balas

  40. Selamat menunaikan Ibadah Puasa …

    Balas

  41. Saya ikut menyimak tauziah dari mas Edi πŸ˜† semoga saling mengingatkan ini bisa membuat kita semakin ingat Allah SWT.
    salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    Balas

  42. khotbah yang amat mencerahkan, pak. mohon izin utk save tulisan. semoga kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan tulus dan ikhlas, amiin. mohon maaf lahir dan batin.

    Balas

  43. halo mas, met menjalani ibadah puasa ya..
    maaf kalo ada salah..

    Balas

  44. Marhaban yaa ramadhan.
    Semoga puasa kita tahun ini lebih berkualitas.

    Balas

  45. saya pun mengucapkan haL yang sama, yakni mohon maaf biLa seLama ini ada saLah daLam perkataan maupun priLaku. semoga puasa pada tahun ini dapat berjaLan dengan baik dan dengan kuaLitas yang maksimaL.

    Balas

  46. beribadah yuk …jangann banyak alasan!
    MARHABAN YA RAMADHAN…
    MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN.

    semoga diterima segala amal dibulan ini, amin.

    khutbah yang menggetarkan jiwa

    Balas

  47. selamat menajalankan ibadah puasa,,,

    Balas

  48. Posted by اسوب سوبرييادي on 11 Agustus 2010 at 12:25

    amin!

    Balas

  49. khutbah yang sangat dibutuhkan
    mantaap dah di share

    Balas

  50. semangat puasa pertama…ayoo katam alqur’an

    Balas

  51. Mamaksih banyak atas postingan ini Kang…

    Balas

  52. Terus semangat dalam mengisi Ramadhan πŸ˜€
    Dan semoga terrefleksi dalam kehidupan sehari2 πŸ™‚

    Balas

  53. Sangat gamblang keutamaan bulan Ramadhan dan juga pesan2 Rasulullah saw. Semoga banyak muslim yang semakin menyadari dan mentaati perintah Allah Swt.

    Terima kasih atas artikel ang sangat bermanfaat ini.

    Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga kita mendapat ampunan, m=rahmad dan dijauhkan dari api neraka. Amin

    Mohon maaf lahir dan batin bang.

    salam hangat dari Surabaya

    Balas

  54. Kunjungan balik..salam kenal
    tingkatkan keimanan di bulan ramadhan

    salam
    http://o-begitu.blogspot.com

    Balas

  55. semoga dibulan puasa tahun ini akan lebih banyak ampunan, rahmat, dan maghfirah yang bisa kita gapai

    Balas

  56. Benar2 ilmu yang bermanfaat Om…

    Balas

  57. semoga di bulan ramadhan ini kita dapat meningkatkan ibadah walaupun kita tidak dapat mengikuti khotbah rasulullah secara langsung
    kita dapat menjalankan ajarannya dengan benar

    Balas

  58. nabi muhammad ke iso boso jowo to?

    Balas

  59. Posted by muh.albar on 2 September 2010 at 15:08

    assalmuaikum
    sungguh besar kenikmatan mu

    Balas

  60. marhaban ya ramadhan…! jagalah persaudaraan antar Blogger selalu..

    Balas

  61. Artikel yang bermanfaat, semoga dapat memberikan pencerahan kepada siapa saja yang membacanya

    Balas

  62. Ramadhan bulan yang aq rindukan

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: