Apakah benar Sabar itu ada batasnya?

Diantara kita atau kita semua tentu pernah berkata “ Kesabaran itu ada batasnya!”, Apakah benar Sabar itu ada batasnya? Tentunya kita punya pendapat yang sama atau berbeda! Mari kita tuangkan dalam kolom komentar, untuk memperkuat kesabaran kita dalam menjalani hidup ini!


Firman Allah:

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu dengan ketakutan, kelaparan, kekurangan dalam harta, jiwa dan buah-buahan. Maka berikanlah berita gembira kepada orang-orang sabar, yang apabila ditimpa musibah mereka mengucapkan ‘Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un’, mereka itulah yang mendapat keberkatan sempurna dan rahmat dari Tuhannya dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS. Al-Baqarah: 155-157)

Iklan

41 responses to this post.

  1. Ya iayalah, tingkat kesabaran manusia pasti ada batasnya..!

    Balas

  2. Sabar sih sabar Mas kalau kelewatan mana bisa sabar..”janji mau bayar hutang di undur undur terusss..” hehe

    Balas

  3. alhamdulillah nyampe disini lagi.
    sebenernya mungkin enggak ada batasnya njih mas, waktu kulo masih smp dulu , mbah kyai pernah ngendiko:
    manungso durung biso dianggep syukur sakdurunge genep anggone sabar –
    manusia belum bisa dianggap bersyukur sebelum dia mampu untuk bersabar…

    tapi prakteknya yang enggak gampang hihi (saya cuma jawab dalam batin) 🙂

    Balas

  4. kalau sabar manusia memang ada batasnya,tapi kalau sudah tingkat tinggi keikhlasannya ,dan bisa memandang wajah Allah dimana2,tentu saja sabarnya bisa tanpa batas. mungkin cuma tingkatan nabi dan wali Allah saja yg bisa begini kali ya?? 😉

    Balas

  5. kayaknya saya sama yang lainnya.sama-sama punya batas kesabaran

    Balas

  6. Waah mantab nic, artikelnya, sedikit tapi padat dan berisi

    Balas

  7. Menurutku ada sih pak…, buktinya karena sudah hilang sabarnya ada yg naik pitam hingga melakukan perbuatan2 brutal, ada yg milih bunuh diri utk menyelesaikan masalahnya yg tak kunjung akhir… dsb.

    Balas

  8. Rasanya aku belum pernah melihat orang yg tak pernah marah tuh selama ini… 😀

    Balas

  9. kunjungan balik pak edi..
    kalau sabar mang harus tak terbatas itu kalau bisa,tapi kalao ga bisa gpp.karena kita manusia punya batasan untuk berusaha jadi lebih baik lagi.

    Balas

  10. Salam.. (Jumpa lagi sahabat 🙂 )
    Kalau menurut sy sih bs iya, bisa juga tidak..
    Namun sy pernah dengar dr seorang ulama bahwa sabar itu ‘tidak ada batasnya’, kalo ada batasnya namanya bukan ‘sabar’ lagi..
    Salam blogger..

    Balas

  11. karena kita hanyalah manusia biasa dan bukan nabi atau rasul, tentu saja kesabaran kita sangat terbatas saja …

    Balas

  12. sudah pastilah sabar itu ada batasnya, ustad ato haji aja juga bisa emosi ox, berarti kan juga punya batas kesabaran

    Balas

  13. Yang saya tau, sabar itu ya nggak ada batasnya 🙂

    Balas

  14. Sabar itu tidak ada batasnya. Semakin kita sabar, maka semakain pahala kebaikan yang kita dapat. Tapi ya itu tadi, susahnya minta ampun utk bisa berlaku sabar

    Balas

  15. masih bersabar menanti postingan teranyar disini Mas hehehe…!

    Balas

  16. Posted by sriherlina on 20 Maret 2011 at 21:55

    http://iin-green.web.id/

    katanya sih gak ada batasnya.. Semoga memang ga berbatas..

    Balas

  17. tingkat kesabaran orang emang berbeda2..
    salam kenal,, 🙂 dan ijin tukeran link boleh kan?!

    Balas

  18. sesabar-sabarnya seseorang itu
    pasti ada batas kesabarannya.
    tergantung bagaimana
    seseorang itu dalam menghadapi
    masalahnya.

    bagusanjari.wordperss.com

    Balas

  19. Bersabar bukan hanya dalam menahan amarah. Namun juga dalam menerima segala apa yang terjadi pada diri kita. Bersabar dalam melaksanakan perintah dan larangan Allah. Bersabar dalam perjuangan. Terus menerus memperjuangkan apa yang menjadi kehendak kita dengan diiringi doa, hingga semaksimal mungkin kita lebih dekat dengan apa yang kita inginkan. Termasuk berjuang untuk mengurangi penderitaan dan menuju kepada kesenangan, kebahagiaan.

    Bersabarlah dalam mempertahankan kesabaran. Dan beruntunglah orang-orang yang sabar.

    Balas

  20. jadi anak kost sebenarnya sudah bisa belajar sabar, terutama kalau disuruh bayar kost.. cuma yang enggak sabar ibu kostnya he he

    Balas

  21. Ya jelas Ada Mas, Ketika Kita Mati, udah nda perlu sabar lagi… duh.. He

    Balas

  22. Sebenernya kita menjalanin hidup ini jg dengan kesabaran.
    nggak mungkin kan tiba2 kita jadi orang kaya tanpa berusaha dan sabar mengerjakan sesuatu itu.
    gak mungkin kita naik kelas, tanpa kita belajar setiap malam menyelesaikan soal2 yg sulit dengan kesabaran..hehe

    sabar

    Balas

  23. Yang jelas, orang sabar adalah kekasih Allah.

    Balas

  24. Seharusnya sih sabar ga ada batasnya..

    Balas

  25. ada sih batasnya…

    Balas

  26. sabar itu ada batasnya bagi yang kurang bisa memanajemen emosinya, tapi sabat itu akan tanpa batas bagi mereka yang menyadari bahwa dirinya juga selalu membutuhkan kesabaran orang lain.

    Tapi sangat sulit untuk menyadari itu

    🙂

    Balas

  27. Setahun jumialely [dot] com, dengan penuh penghargaan saya ucapkan Terima Kasih karena sahabat sudah pernah Menorehkan jejak cinta di rumah maya saya. I love You

    Balas

  28. Sobat Sedjatee
    Terimakasih telah memberi dukungan pada tulisan kami
    Dukungan Sahabat telah memberi semangat pada kami
    Untuk memenangkan kontes menulis berantai Kecubung 3 Warna
    I’m nothing without you, salam sukses….

    sedj

    Balas

  29. Tidak ada balasan sabar kecuali surga.. salam kenal. thanks..

    Balas

  30. menurut sy sabar gak ada batasnya, kalo msh ada berarti gak sabar heheh…

    Balas

  31. meskipun ada batasnya, kesabaran sangat diperlukan dalam mengarungi hidup yang makin tak menentu ini sobat ya

    Balas

  32. tetanggaku pak sabar umur 53 thn sampe sekarang blm nikah…. tapi tetap sabar

    Balas

  33. Posted by adhy on 7 Mei 2011 at 16:56

    menurut saya definisi “ada batasnya” dalam kesabaran terlalu luas cakupannya. Sabar sendiri sebanarnya adalah pembawaan jiwa seseorang yang ketika diberi rejeki akan bersyukur dan jika diberi cobaan akan berlapang dada. Kesimpulannya definisi batas kesabaran disini dilihat kasus-nya dulu…

    Balas

  34. Salam Takzim
    Kalau masih terbatas belum sabar pak
    Jadi penyampaian Sabar itu ada batasnya belum tepat pak
    Salam Takzim Batavusqu

    Balas

  35. setuju g setuju pak..karena kadang kita g bs ngontrol emosi juga hahaha setuju sih ya selalu tetap sabar apapun masalahnya. manusia g sempurna lo pak xixi maklum masih suka emosian 😀

    Balas

  36. All kita itu hidup u ntuk slalu bersabar Al qur’an mengatakan bersabarlah kalian manusia sampai mati pun klian smua tetep hrus sbar maka dari itu SABAR ITU TIDAK ADA BATAS NYA sampai mati kita ttp sabar

    Balas

  37. sabar itu subur

    Balas

  38. memang sabar ada batasnya… tapi yg bagus tuh gak ada batasnya….
    trims gan infonya

    Balas

  39. ina ma’a sobirin….
    menurut saya sabar ada batasnya… tapi sebaiknya kita belajar tuk bersabar yang tak mempunyai batas

    Balas

  40. sabar itu ga ada batasnya ^^ kalo menurut ku.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: